Kamis, 13 Desember 2012

LAPORAN PTK MATEMATIKA SMK : BAB I

LAPORAN PTK, BAB I : "PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PROGRAM WINGEOM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM MATERI TRANSFORMASI BANGUN DATAR
(PTK Pada Mata Pelajaran Matematika di kelas XI K-1 di SMK Negeri 1 Sumedang Kabupaten Sumedang Tahun Pelajaran 2012/2013)

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

     Tak dapat dipungkiri bahwa pelajaran matematika dirasakan oleh sebagian besar siswa sebagai mata pelajaran yang sulit. Sering kita lihat siswa merasa pusing dengan matematika karena banyak hitungan dan rumus yang harus dihapalkan, apalagi dengan metode ceramah yang digunakan oleh guru dalam penyampaian materinya, banyak siswa yang tidak bisa lagi mengikuti jalan ceritanya. Karena merasakan sulitnya mata pelajaran itu, kadang siswa merasa tidak mampu berbuat apa-apa terhadap matematika, sehingga memunculkan sikap masa bodoh dan acuh. Ditambah gaya mengajar guru yang kurang bersahabat akan menjadikan mata pelajaran ini menakutkan. 
     Sudah seharusnya sebagai seorang guru untuk memperbaiki cara-cara dalam proses pembelajaran yang membuat bosan siswanya. Banyak metode, model, teknik, pendekatan ataupun media pembelajaran yang memungkinkan siswa termotivasi bahkan tertarik untuk mengikuti pembelajaran salah satunya penggunaan komputer dalam pembelajaran matematika merupakan suatu daya tarik tersendiri bagi siswa. Visualisasi dan animasi konsep matematika dengan mudah dapat dilakukan dengan memanfaatkan komputer. Dengan visualisasi dan animasi akan membantu siswa memahami matematika dari yang abstrak ke hal-hal yang lebih kongkrit (Rudhito, 2012).
        Dalam kurikulum berbasis kompetensi (KBK) untuk Mata Pelajaran Matematika dari SD sampai dengan SMA, pemerintah telah mendorong digunakannya komputer dalam pembelajaran matematika, "Sekolah dapat menggunakan teknologi seperti kalkulator, komputer, alat peraga atau media lainnya untuk meningkatkan efekifitas pembelajaran ....(Depdiknas, 2003)
      Komputer  dengan dilengkapi aplikasi-aplikasi softwarenya mampu mengatasi permasalahan dalam pembelajaran matematika. Program wingeom merupakan salah satu perangkat lunak komputer  matematika dinamik (dynamic mathematics software) untuk topik geometri. Program ini dapat digunakan untuk membantu pembelajaran geometri dan pemecahan masalah geometri. Keberadaan program ini akan sangat membantu dalam merancang pembelajaran geometri yang interaktif dimana siswa dapat bereksplorasi dengan program tersebut. Pembelajaran dengan wingeom ini diharapkan  akan membuat siswa lebih tertarik dan senang belajar matematika, selain itu program wingeom ini diharapkan dapat membuat proses pembelajaran lebih efektif (Purnomo, 2011).
      Menurut Eggen dan Kauchak dalam Suarman (2012) bahwa, "Pembelajaran yang efektif apabila siswa secara aktif dilibatkan dalam pengorganisasian dan penentuan informasi (pengetahuan). Siswa tidak hanya pasif menerima pengetahuan yang diberikan oleh guru. Hasl belajar ini tidak hanya meningkatkan pemahaman  siswa saja, tetapi juga meningkatkan ketreampilan berpikir siswa.
     Berdasarkan penilaian selama satu semester peneliti melihat para siswa kelas XI SMK N 1 Sumedang tahun pelajaran 2012/2013 umumnya kurang perhatian terhadap mata pelajaran matematika pada kompetensi dasar "Menentukan kedudukan jarak dan besar sudut yang melibatkan titik, garis dan bidang dalam ruang dimensi dua". Dengan keadaan seperti ini peneliti menyimpulkan bahwa proses pembelajaran tidak akan efektif kalau tidak diubah.
     Hasil ulangan harian dan tugas di kelas maupun pekerjaan rumah rata-rata nilai kelas XI K-1 SMKN 1 Sumedang tahun pelajaran 2012/2013 dari 32 siswa hanya 13 siswa atau sekitar 40% yang diangap mampu memahami materi sedangkan 19 siswa lainnya tidak mampu memahami materi. Entah siswa kurang memahami atau mungkin kurang berminat terhadap penyajian materi sehingga menyebabkan hasil belajar siswa berkurang dan membuat mereka tidak lagi tertarik untuk mengikuti pembelajaran dan mereka cederung pasif, hanya menunggu guru untuk menjelaskan. Ini sangat memprihatinkan.
      Atas dasar kondisi tersebut peneliti tergugah untuk menerapkan model pembelajaran yang berbantuan komputer dan menggunakan program wingeom dalam pembelajaran matematika pada standar kompetensi "Menentukan kedudukan jarak dan besar sudut yang melibatkan titik, garis dan bidang dalam ruang dimensi dua" dengan kompetensi dasar "Menerapkan transformasi bangun datar", sehingga perlu bagi peneliti untuk mengadakan perbaikan dalam proses pembelajaran di kelas XI K1 SMKN 1 Sumedang tahun pelajaran 2012/2013 dan perlu diciptakan suasana belajar yang interaktif yang dapat menggugah siswa untuk merespon dan menanggapi apa yang dilihat, didengar dan dirasakan kemudian ditindaklanjuti dengan aktifitas pembelajaran yang tentunya menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan efektifitas pembelajaranpun tercapai. Oleh karena itu dilakukan penelitian tindakan kelas yang berjudul "Penggunaan Media Pembelajaran Program Wingeom dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Transformasi Bangun Datar di Kelas XI K1 SMKN 1 Sumedang Tahun Pelajaran 2012/2013"


 B. RUMUSAN MASALAH DAN PEMECAHANNYA

      1. Rumusan Masalah
           Berdasarkan latar belakang yang diuraikan di atas , dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
1.  Apakah penggunaan media pembelajaran program wingeom dapat meningkatkan pemahaman
     siswa pada materi transformasi bangun datar
2.  Bagaimana proses peningkatan pemahaman siswa pada materi transformasi bangun datar dengan
     menggunakan program wingeom
3.  Seberapa besar  peningkatan pemahaman siswa pada materi transformasi bangun datar dengan
     menggunakan program wingeom
 
     2. Pemecahan Masalah
         Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika dengan materi "Transformasi bangun datar". Upaya dalam pemecahannya yaitu melalui proses pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran "Program Wingeom" dengan menggunakan metode "Pembelajaran Langsung (explicit intruction)" dan metode "Drill and Practice". Jika siswa mencapai nilai yang sama atau lebih dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) siswa dianggap meningkat pemahamannya dan meningkat pula hasil belajarnya.

C. TUJUAN PENELITIAN
     Berdasarkan rumusan masalah penelitian ini bertujuan:
1.  Mengetahui peningkatan pemahaman siswa dalam materi transformasi bangun datar dengan
     menggunakan media pembelajaran program wingeom
2.  Mengetahui proses peningkatan pemahaman siswa pada materi transformasi bangun datar dengan
     menggunakan program wingeom
3.  Mengetahui berapa besar peningkatan pemahaman siswa pada materi transformasi bangun datar
     dengan mengunakan program wingeom

D. MANFAAT HASIL PENELITIAN
1.  Bagi Siswa
     - Meningkatkan motivasi siswa untuk lebih semangat dalam pembelajaran matematika
     - Meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi ajar dengan menggunakan media
        pembelajaran yang berbantuan komputer (PBK)
     - Meningkatkan pengalaman belajar matematika dengan dukungan media pembelajaran
        berbantuan komputer
2.  Bagi Guru
     - Meningkatkan strategi pembelajaran yang bervariasi sehingga dapat memperbaiki proses
        pembelajaran di kelas
     - Meningkatkan pengalaman belajar matematika dengan dukungan media pembelajaran
        berbantuan komputer
3. Bagi Sekolah
    - Memberikan kontribusi positif dalam rangka perbaikan pembelajaran khususnya mata
       pelajaran matematika
    - Merupakan bentuk dukungan terhadap program sekolah yang menerapkan "Pusat Sumber
       Belajar yang Berbasis TIK"

E. HIPOTESIS TINDAKAN
     Penggunaan media pembelajaran program wingeom akan meningkatkan pemahaman siswa dalam materi transformasi bangun datar, sehingga akan meningkat pula hasil belajarnya. Sebagaimana relevan dengan penelitian yang dilakukan oleh M.G Erni Harmiati, S.Pd dan Dra. Agusti Rahayu di SMA Sang Timur Yogyakarta, yaitu penelitian tindakan kelas pada topik dimensi tiga dengan menggunakan program wingeom.


Demikian BAB I, sampai ketemu di BAB II





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar